Membuat Lampion dari Kardus Bekas (Belum Selesai)


Bahan dan Alat

Beberapa alat yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Penggaris
  • Pensil
  • Cutter
  • Lem

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan ialah:
  • Kardus bekas
  • Kertas HVS
  • Kabel
  • Dudukan lampu
  • Colokan
  • Lampu
  • Stik es krim

 

Cara Membuat

Siapkan kardus bekas, tandai dengan pensil membentuk bidang persegi panjang. Dengan panjang 60cm dan lebar 21cm kemudian potong (untuk ukuran panjang dan lebar potongan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan).

Alat dan Bahan untuk Membuat Lampion

Langkah selanjutnya warnai salah satu sisi dari potongan kardus tersebut dengan kertas HVS yang telah dilapisi dengan lem. Lekatkan lalu diamkan sampai lem benar-benar kering.

Kertas HVS diberi lem dan dilekatkan di permukaan kardus

Potong memanjang kardus menjadi tujuh bagian dengan masing-masing bagian memiliki ukuran panjang 60 cm dan lebar 3 cm.

Memotong kardus dengan menggunakan cutter

Setelah diperoleh potongan kecil-kecil, hubungkan antar ujung potongan tersebut sehingga membentuk segilima dengan sisi yang di cat berada pada posisi bagian dalam. sampai ujung ketujuh potongan tersebut terhubung semuanya. Kemudian susun ketujuhnya akan kita gunakan sebagai frame/bingkai dari lampu.

Hubungkan antara kardus yang satu dengan kardus yang lainnya secara menyilang

Selanjutnya kita siapkan untuk membuat bagian atas dari kap lampu tersebut. Potong kardus dengan bentuk segilima sama sisi dengan panjang sisi-sisinya 12cm, sesuai dengan ukuran potongan frame yang telah kita buat. Supaya mudah kita jiplak ukuran frame segilima sama sisi yang telah dibuat sebelumnya diatas kardus kemudian tinggal dipotong menggunakan cutter.

Seperti inilah hasilnya apabila digabungkan

Potong pelindung kabel sehingga lempengan tembaga kabelnya terlihat dengan jelas dan sambungkan ke colokan yang sudah tersedia.

Sambungkan kabel ke colokan

Buat lubang ditengah-tengah bagian atas dari kap lampu yang telah kita buat sebelumnya sehingga kabel dapat masuk ke dudukan lampu kemudian lem dudukan lampu dengan kardus tersebut.

Seperti inilah jadinya

Tinggal kita pasang frame yang telah dibuat dengan atasannya, dan rekatkan dengan lem sehingga terbentuk lampu yang cantik seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Sembari memasanghiasan stik es krim, tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu.



Komentar

Pengen nyari pembahasan seputar agama Islam?

Pengen nyari pembahasan seputar agama Islam?
Di-Yufid aja.

Mohon doakan saudara kita yang sedang mengalami kesulitan

حَدَّثَنِي أَحْمَدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ حَفْصٍ الْوَكِيعِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ كَرِيزٍ عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلٍ

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) yang berjauhan, melainkan malaikat akan mendoakannya pula: 'Dan bagimu kebaikan yang sama.' (HR.Muslim : 4912)