IT: Review Aplikasi "Apa Doanya"

Alhamdulillah akhirnya saya kembali mengisi kembali kekosongan blog saya dengan beberapa artikel yang lebih baru dan jarang saya ulas sebelumnya. Yak, dalam segmen TI (Teknologi Informasi) terakhir kali saya buat artikelnya kalo ngga salah sudah hampir 1,5 tahun yang lalu. Dan sekarang bakal saya ulas kembali di blog ini, dan bakal terus diulas kedepannya.

Kembali ke topik. Kali ini saya akan me-review aplikasi “Apa Doanya”, salah satu aplikasi wajib bagi semua umat Muslim karena mengandung doa-doa harian hingga dzikir pagi & sore. Salah satu solusi bagi kita kalo lagi ngga bisa bawa buku kumpulan doa & dzikir atau memang karena ngga punya bukunya. Saya mewakili pengguna aplikasi ini (dari OS Android dan Windows Phone) mengucapkan terima kasih banyak kepada developer karena aplikasi ini sangat bermanfaat dalam menjalankan kewajiban kami dalam beribadah kepada Allah dengan baik dan benar. Kami sangat bahagia atas kehadiran aplikasi ini dalam kehidupan kami. Semoga Allah memberikan banyak keberkahan kepada antum.

Saya bakal me-review dengan:
-. OS Android (Samsung Galaxy Tab 4 (7 inch))
-. OS Windows Phone (Microsoft Lumia 540)

Oke saatnya REVIEW!!!!!!!!!!
~~~~~~~~~~
Info Aplikasi
Aplikasi “Apa Doanya” tersedia di Google Play Store jadi kawan-kawan langsung aja download disana. Untuk masalah besarnya file .apk yaa kira-kira ada sekitar 6 MB. Cukup ringan dan hemat kuota.

Oh iyaa, aplikasi ini ada iklannya. Tapi bisa dihilangkan kok dengan membeli full version-nya atau bahkan koneksi datanya dimatiin. Sebaiknya kita kudu men-support developer aplikasi ini dengan memberikannya donasi dengan cara mempersilahkan iklan nampil di aplikasi atau membeli full version-nya. Karena setau saya buat mengembangkan aplikasi itu butuh dana yang banyak, dan developer juga butuh asupan gizi yang cukup. Hehehe (maaf ya curhat).

Untuk penggunaannya di bagian RAM yaa bisa dibilang sedang-sedang aja, tapi ngga terlalu memakan banyak memori kok.


 
 
 
 
 
 
 ~~~~~~~~~~
UI (User Interface)
Kita bakal disuguhin tampilan awal yang cukup simpel tapi elegan. Dipadukan dengan warna putih dan biru yang manis membuat aplikasi ini memiliki karakteristik sendiri dan nyaman dipandang. Tapi sayangnya pada saat saya scroll, masih kurang mulus. Kurang tau juga apa ini karena device saya atau bukan. Sedikit agak ngelag tapi ngga ada masalah kok dengan pengalaman dalam membacanya nanti.

 
Bagi kawan-kawan yang pengen membacanya di tengah kegelapan, tenang. Ada fitur “Mode Malam” kok untuk mengurangi paparan cahaya yang berlebihan saat gelap.

Oh iya. Bisa tampil landscape juga lho.
 
~~~~~~~~~~
 
Fitur


 
Di bagian utama kita bisa melihat daftar doa yang tersedia, dan di bagian bawah terdapat 3 tombol. Kita berada di bagian “Semua.” Untuk bagian “Cari” kita bisa nyari doa apa yang kita mau baca, dan bagian “Favorit” untuk bagian doa-doa yang kita favoritkan tentunya dengan menekan tombol “Favorit” di pojok kiri bawah salah satu doa.
Tiap-tiap judul doa punya banyak bagian-bagian doa yang terkait. Contohnya seperti di gambar ini. Saya membuka “Dzikir Sore” maka ada beberapa doa yang muncul & tersusun.

Di dalam doanya terdapat teks Arab doa, teks latin doa, beserta terjemahannya. Tak lupa disini juga terdapat hadits seputar doanya dan sumbernya.

Di beberapa doa ada yang hanya berupa penjelasan serta keutamaannya aja. Ada juga jumlah doa tertentu yang harus dibaca (Kayak di dzikir pagi & sore). Ntar kalo udah di-download cari sendiri ya.

 
 
 
 

Selain membacanya secara langsung, kita juga bisa men-share secara langsung. Jadi In Syaa Allah kita bakalan dapat pahala.

Kita ke bagian “Menu,” tombolnya ada di pojok kanan atas. Di “Pengaturan” kita bisa mengatur besar kecilnya teks tertentu dan mengatur waktu kapan kita kudu berdzikir pagi & sore. Di bagian “Informasi” kita bisa membaca tentang aplikasi itu sendiri dan informasi-informasi agar kita ngga keliru dalam membacanya. Kita juga bisa langsung copas teks doa langsung dengan menekan lama di teks tertentu.

Disini saya kasih bukti untuk salah satu bug yang sampai sekarang susah untuk dihilangin, yaitu “Harokat kasroh yang muncul di bawah tasydid namun di atas huruf.” Contohnya begini:
 
Sisanya bisa dicek sendiri ya.

~~~~~~~~~~

Bagaimana di OS Windows Phone?
Sebenarnya ngga ada perbedaan yang signifikan dari apliaksi antar-platform ini, hanya saja di WP (Windows Phone) bebas iklan, dan bisa digunakan di PC berOS Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 PC, dan Windows 10 Mobile dalam bentuk UWP (Universal Windows Platform). Jadi cuma bisa di-download lewat Bursa atau sekarang udah ganti dari Windows Store menjadi Microsoft Store.
 
Untuk ukuran aplikasi, yaa kira-kira sekitar 12 MB.

 
 
 
 
 
 
 
 
Bisa landscape juga lho.
Selain karena ngga adanya iklan, scrolling-nya sangat halus. Sayangnya untuk scrolling ada sedikit bug yang membuat kita ngga bisa langsung scroll, malah tertekan tombol doa yang menjadi pijakan buat scrolling. Solusinya kita tahan sejenak jari kita di bagian layar tertentu di menunya dan geser. Dan alhamdulillah di Windows 10 Mobile bug ini ngga ada.

Tertarik untuk men-download? Kuy langsung nebeng wifi temen buat download. Selamat ber-Fastabiqul Khairat. Jika artikel ini cukup bermanfaat, share + komentar agar kedepannya bisa menyajikan artikel yang lebih baik dan bermanfaat dunia-akhirat.

Komentar

Pengen nyari pembahasan seputar agama Islam?

Pengen nyari pembahasan seputar agama Islam?
Di-Yufid aja.

Mohon doakan saudara kita yang sedang mengalami kesulitan

حَدَّثَنِي أَحْمَدُ بْنُ عُمَرَ بْنِ حَفْصٍ الْوَكِيعِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ كَرِيزٍ عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلٍ

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) yang berjauhan, melainkan malaikat akan mendoakannya pula: 'Dan bagimu kebaikan yang sama.' (HR.Muslim : 4912)